Notification

×

Iklan

Iklan

School Well Being Pada Mahasiswa Keperawatan di Yogyakarta Melalui Peer Mentoring

Tuesday, 24 September 2024 | 20:39 WIB Last Updated 2024-09-24T13:42:18Z
"Kegiatan Pelatihan dengan topik "School Well Being yang diselenggarakan pada Mahasiswa Keperawatan di Yogyakarta"/Foto : Christine


RADARDETIK.ID – Pada Hari Kamis-Jumat, 13-14 Juni 2024, dilaksanakan kegiatan pelatihan dengan topik “School Well Being Pada Mahasiswa Keperawatan di Yogyakarta Melalui Peer Mentoring”. Kegiatan ini merupakan salah satu hibah penelitian dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) tahun anggaran 2024. 


Program Penelitian Dosen Pemula (PDP) ini dilaksanakan oleh dosen Prodi Keperawatan (S-1) Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta yaitu Khristina Dias Utami, S.Kep.,Ns., M.P.H. dan Retno Sumiyarini, S.Kep.,Ns., M.Med.Ed. Selain itu kegiatan ini berkolaborasi dengan dosen Prodi Psikologi (S-1) Unjaya yaitu Muhammad Erwan Syah, S.Psi., M.Psi., Psikolog. 


Kegiatan Peer Mentoring diikuti oleh mahasiswa keperawatan di Yogyakarta yang berjumlah 150 mahasiswa. Peer Mentoring merupakan hubungan dimana individu yang terlatih akan memberikan arahan dan dukungan kepada individu yang lain. Adanya peer mentoring ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada mahasiswa, hal ini dikarenakan peer mentoring yang dekat secara sosial, profesional serta dekat secara usia memungkinkan untuk dapat meningkatkan daya intelektualnya.

 

"Foto bersama Narasumber kegiatan Pelatihan bersama peserta mahasiswa Keperawatan di Yogyakarta"/Foto : Christine

Selain itu, kegiatan Peer mentoring bermanfaat untuk (1) meningkatkan pengetahuan dan pemahaman; (2) menciptakan kepercayaan diri; (3) membantu kesadaran akan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki individu. 


Tahapan kegiatan peer mentoring yang dilakukan diantaranya  (1) building dimana mentor dan mentee membangun sebuah hubungan dengan kepercayaan, mengklarifikasi peran dan membuat kesepakatan; (2) enhancing yaitu meningkatkan hubungan dengan mengidentifikasi masalah apa yang ingin diselesaikan mentee hingga menetapkan tujuan dengan menawarkan diri terhadap mentee sebagai teman berbagi informasi; (3) pendukungan yaitu hubungan yang telah terjalin dengan baik sehingga bisa berfokus untuk mencapai tujuan dan setelah itu melakukan evaluasi capaian yang telah dilakukan mentee hingga menetapkan tujuan baru dan cara untuk mencapai hal tersebut; (4) transisi yaitu berdiskusi atas apa yang telah terjadi dan memberikan reward atas capaian yang dilakukan mentee, setelah itu mengakhiri program dengan kesan yang baik.



Mentor dalam kegiatan pelatihan peer mentoring ini merupakan lulusan terbaik Prodi Studi Pendidikan Profesi Ners Angkatan XX Tahun 2024 Unjaya yaitu Siti Annisan Irsan, S.Kep. Materi yang disampaikan diantaranya (1) Time Management; (2) Self Love & Self Affirmation; (3) Problem Solving & Decision Making. Selain itu, Having (Kondisi Kampus), Loving (Hubungan Sosial), Being (Pemenuhan Diri Mahasiswa) dan Health (Status Kesehatan).



Melalui peer mentoring secara sosial, profesional dan usia dapat meningkatkan perkembangan intelektual dan psikomotoriknya, artinya secara tidak langsung memberikan pengaruh yang baik pada mahasiswa dalam memecahkan suatu permasalahannya. Pendampingan teman sebaya dinilai lebih efektif dilakukan dalam meningkatkan kesejahteraan mahasiswa, hal ini juga disebabkan kedekatan usia yang dimiliki sehingga komunikasi yang terjadi dapat efektif lebih dipahami.  


Keberhasilan kegiatan ini tidak terlepas dari antusiasme dan kerjasama yang baik antara dosen, mahasiswa, dan para peserta. Kegiatan yang berlangsung lancar ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi Mahasiswa Keperawatan di Yogyakarta.




×
Berita Terbaru Update