Notification

×

Iklan

Iklan

Pemilihan Karir Berbasis Artificial Intelligence Melalui Goal Setting Programme dan Rothwell Miller Interest Blank pada Siswa SMK di Yogyakarta

Wednesday, 25 September 2024 | 22:12 WIB Last Updated 2024-09-25T15:12:38Z
"Pemberian cindera mata terhadap pemateri dalam acara Pemilihan Karir berbasis Artificial Intelligence melalui Goal Setting Programme"/Foto : Riyan


RADARDETIK.ID – Pada Hari Selasa (9/7/2024) telah dilaksanakan kegiatan pelatihan pemilihan karir dengan topik “Pemilihan Karir Berbasis Artificial Intelligence Melalui Goal Setting Programme dan Rothwell Miller Interest Blank pada Siswa SMK di Yogyakarta”. Kegiatan ini merupakan salah satu hibah penelitian dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) tahun anggaran 2024. 


Program Penelitian Dosen Pemula (PDP) ini dilaksanakan oleh dosen Prodi Manajemen (S-1) Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta yaitu Wina Driyan Pradana, S.E., MM. dan Murwani Eko Astuti, S.E., M.B.A. Selain itu kegiatan ini berkolaborasi dengan dosen Prodi Psikologi (S-1) Unjaya yaitu Muhammad Erwan Syah, S.Psi., M.Psi., Psikolog. 


Kegiatan pelatihan pemilihan karir diikuti oleh siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Ponjong Gunungkidul yang berjumlah 150 siswa. Kegiatan pelatihan ini dilatarbelakangi karena kebingungan siswa SMK di Yogyakarta dalam pengambilan keputusan karir terjadi karena terlalu sedikit mendapat bimbingan dari konselor sekolah dan kurangnya eksplorasi pilihan karir sendiri. 


"Kegiatan Pemilihan Karir Berbasis Artificial Intellegence dalam rangka Hibah Penelitian DRTPM Tahun Anggaran 2024"/Foto : Riyan


Bimbingan karir sangat dibutuhkan oleh siswa dalam meningkatkan kemampuan pemilihan karir. Dua hal yang penting dalam bimbingan karir siswa adalah goal setting dan Rothwell Miller Interest Blank (RMIB). Goal setting merupakan sebuah teori kognitif dengan dasar pemikiran bahwa setiap orang memiliki suatu keinginan untuk mencapai hasil spesifik, khusus atau tujuan yang diharapkan dapat tercapai. 


Goal setting mampu memotivasi seseorang untuk memperbesar usahanya. Artinya, individu akan bekerja lebih keras dengan adanya tujuan daripada tanpa tujuan. Sedangkan RMIB merupakan alat tes yang dinilai mampu untuk mengungkap minat dan atau kecenderungan rasa suka atau tidak suka akan suatu kegiatan ataupun pekerjaan yang dimiliki individu. 


Tes ini merupakan bagian dari upaya untuk memberikan bimbingan karir pada berbagai aktivitas tugas yang diberikan. RMIB memberikan kesempatan pada individu memberikan gambaran mengenai keinginan atau apa yang disukai individu berkaitan dengan pekerjaan ataupun aktivitas yang dijalaninya. 



Tujuan pelatihan ini adalah mengetahui efektivitas pemilihan karir berbasis AI melalui goal setting programme dan RMIB pada siswa SMK di Yogyakarta. Hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan literatur tentang pemilihan karir berbasis AI pada siswa SMK Yogyakarta serta dapat memberikan informasi yang berharga bagi siswa dalam pengambilan keputusan pemilihan karir. 


Selain itu, dapat memberikan Gambaran dan penambahan keterampilan bagi siswa dalam memilih, menentukan dan memutuskan karir yang tepat dan sesuai dengan kemampuannya. Lebih penting lagi, pelatiahn ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan sekolah untuk menggunakan pemilihan karir berbasis AI melalui goal setting programme dan RMIB dalam menentukan karir siswa.


Pendekatan pemecahan masalah yang dilakukan menggunakan pendekatan analitis dimana masalah utama dalam penelitian ini akan dipecah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil yaitu faktor-faktor lingkungan, sosial, dan teknologi. Untuk pemecahan masalah penelitian, peneliti mengadopsi teknologi AI dalam proses pelatihan pemilihan karir siswa kelas XII di Yogyakarta. Melalui goal setting programme dan RMIB. Adopsi AI berpotensi dapat lebih meningkatkan kemampuan pemilihan karir siswa.


Pelatihan Goal Setting Programme dan RMIB berbasis AI merupakan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dari siswa kelas XII SMK di Yogyakarta dalam membuat keputusan pemilihan karir. Modul pelatihan ini dikembangkan dengan menggunakan modifikasi dari prinsip goal setting dari Moran dan komponen goal setting. 



Pelatihan Goal Setting Programme berbasis AI pada penelitian ini akan diberikan kepada peserta selama kurang lebih 4 jam per hari selama 7 hari. Materi disampaikan dalam bentuk penyajian alat tes RMIB, ceramah, diskusi, simulasi atau role play, dan adanya permainan sebagai energizer, yang akan melibatkan semua peserta secara interaktif. Dapat dikatakan metode pelatihan yang dilakukan adalah active learning. Dimana semua peserta terlibat aktif dan adanya peran masing-masing peserta.


Melalui pelatihan pemilihan karir di SMK Muhammadiyah Ponjong Gunungkidul secara umum dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan literatur tentang pemilihan karir berbasis AI pada siswa SMK serta dapat memberikan informasi yang berharga bagi siswa dalam pengambilan keputusan pemilihan karir memberikan pengaruh yang baik pada mahasiswa dalam memecahkan suatu permasalahannya. Pendampingan pemilihan karir dinilai lebih efektif dilakukan dalam meningkatkan dalam pengambilan keputusan karir, hal ini juga disebabkan karena adanya komunikasi efektif sehingga materi lebih mudah dipahami.  


Keberhasilan kegiatan ini tidak terlepas dari antusiasme dan kerjasama yang baik antara dosen, pihak sekolah, dan para peserta. Kegiatan yang berlangsung lancar ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Ponjong Gunungkidul.




×
Berita Terbaru Update