Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa KKN Unisri Surakarta Melaksanakan Program Kerja “Re-Branding Produk UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing di Desa Dawungan”

Thursday, 22 August 2024 | 09:10 WIB Last Updated 2024-08-22T02:31:12Z
"Program Kerja mahasiswa KKN Unisri Surakarta Najwa Sayyidina tentang Re-Branding Produk UMKM"/Foto : Najwa


RADARDETIK.ID – Pada hari Senin (5/8) Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Program Studi Manajemen Najwa Sayyidina menyelenggarakan Program kerja berupa “Re-Branding produk UMKM guna meningkatkan daya saing di desa Dawungan”. Program ini dilaksanakan untuk membantu salah satu UMKM di Desa Dawungan, Kecamatan Jatiroto, Kota Wonogiri.


Saat ini, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah menjadi salah satu wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya. Permasalahan yang telah dihadapi oleh UMKM di desa Dawungan adalah kurangnya pemahaman pelaku usaha mengenai branding. Hal ini menyebabkan produk UMKM tersebut kurang dikenal oleh masyarakat luas. Salah satunya adalah pelaku UMKM yang terletak di Desa Dawungan yaitu Warung Pecel Mbak Tika.


"Mahasiswa KKN Unisri Surakarta ketika memasang desaign MMT untuk Re-Branding produk UMKM"/Foto : Najwa

Branding adalah proses menciptakan citra atau citra positif. Tujuan dari branding adalah untuk mempromosikan brand atau produk agar masyarakat memiliki persepsi positif serta produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM akan senantiasa diingat oleh masyarakat. Branding juga merupakan alat promosi bisnis, ada banyak pilihan alat promosi bisnis, salah satunya MMT. Program pembuatan MMT Produk ini diharapkan dapat membantu Branding UMKM Warung Pecel Mbak Tika.


Najwa Sayyidina merupakan Mahasiswa yang mengadakan kegiatan rebranding produk UMKM pada Warung Pecel Mbak Tika yang berharap bahwa pembuatan MMT dapat berdampak baik. Salah satunya adalah bisa meningkatkan profit usaha, serta agar UMKM ini dapat terus berkembang lebih modern. 



Najwa menyampaikan bahwa pada dasarnya tujuan utama diadakannya rebranding UMKM adalah untuk menciptakan identitas UMKM yang bagus dan unik serta bisa membedakan dari UMKM yang sejenis.


“Karena tujuan utama diadakannya rebranding UMKM ini adalah menciptakan identitas UMKM yang bagus dan unik dan membedakan dari UMKM yang sejenis”, Ucap Najwa.



Penulis : Najwa Sayyidina

Dosen Pembimbing Lapangan : Triwanto, S.H., Sp.Not., M.H.




×
Berita Terbaru Update